Process on Progress

Hidup adalah suatu proses pembelajaran yang berkelanjutan. Manusia selalu beproses dan belajar dari lahir hingga akhir hayat. Dengan belajar itulah kita akan tumbuh dan berkembang menuju kebijksanaan dan kedewasaan. Dalam proses tersebut tentu akan banyak halangan dan rintangan, serta cobaan yang kita hadapi. Namun jangan jadikan hal-hal tersebut rintangan untuk maju. Jadikan sebagai tantangan dan pelajaran untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Sebenarnya rintangan terbesar yang menghambat seseorang untuk maju adalah pikiran orang itu sendiri. Bagaimana cara kita memandang suatu masalah, bisa jadi positif dan negatif. Agar kita dapat selalu memandang suatu masalah dalam sisi yang positif, kita harus melakukan transormasi dalam pikiran kita.

Beberapa hal yang harus kita lakukan adalah yang pertama bagaimana memandang suatu masalah tersebut sebagi sebuah peluang bukan sebagai musibah. Masalah-masalah yang kita hadapi itu jadikan sebagai pelajaran untuk kita berubah dan berpikir ke arah yang lebih baik, memikirkan bagaimana pemecahannya. Belajarlah dari musuh, karena dengan itu melatih kita untuk terus bersabar. Dan yang terpenting adalah teruslah untuk melakukan kebaikan, jadikan keluhan orang lain terhadap diri kita sebagai pembimbing yang mengarahkan kita untuk memperbaiki diri.

Intinya jangan pernah berhenti berproses dalam hidup. Jalani hidup dengan kebaikan dengan menjaga hubungan baik dengan Tuhan dan sesama. Dengan itu hidup akan lebih tenang dalam mencapai suatu keberhasilan dalam kebaikan.

Leave a comment